Pisang Goreng Istimewa

"Bunda, tadi pisang gorengnya enak" kata Aqila.
"Aqila suka?" kata saya.
"Suka, Eddie juga suka" kata Aqila.
"Bunda, Eddie juga bisa buat pisang goreng" Aqila menambahkan informasi.

Kemudian dia berimajinasi menggunakan boneka Eddie ia sedang bercerita bahwa Eddie sedang membuat pisang goreng rasa vanila katanya. Terus ada rasa masmelon kata Aqila. Hahaha (dibaca marsmellow)
Si Aqila mendongeng, suaranya dikecilkan, dia menyuarakan Eddie. Ya, dia jadi Eddie ceritanya.

"Aku masak dulu ya" Eddie bersuara.
"Iya, aku mau ya pisang goreng" kata Aqila.
"Yang rasa apa?" Eddie bertanya.
"Rasa selai kacang" kata Aqila.
"Aku buat" kata Eddie.
Sambil bersenandung, "pisang, pisang goreng, digoreng dulu enak sekali" (nada lagu "Perfect")
Saya mencermati cara Aqila mendongeng, cara Aqila berimajinasi menyuarakan Eddie dan menjadi dirinya sendiri. Mendongeng dan bermain peran. Begitulah yang saya lihat.

Setelah Aqila selesai dengan bermain. Saya bercerita bahwa pisang itu buah paling mudah ditemui. Banyak jenis pisang, ada yang diolah menjadi kolak, keripik dan bahkan campuran kue.
Dan satu lagi yang saya bilang ke Aqila bahwa dalam cerita dongeng, buah pisang selalu menjadi makanan favorit monyet. Padahal monyet tidak hanya makan pisang. Monyet juga suka buah lainnya. Begitu kata saya. Aqila malah merespon, "jadi monyet kalau tidak suka pisang lagi, bisa makan pisang yang digoreng?" sayapun tertawa dan menjawab "monyet suka pisang goreng tidak ya?" pertanyaan itu saya kembalikan ke Aqila. Dan Aqila menjawab, "monyet suka pisang goreng, karena monyet temannya Eddie. Eddie masak pisang goreng buat monyet, biar monyet senang" begitu Aqila menjawab.

Akhirnya saya tahu bahwa Aqila sedang berusaha berimajinasi bahwa moyet suka pisang goreng karena diberi Eddie. Jadi kesimpulannya kita harusnya menyukai apa yang orang lain berikan. Dan kita harusnya sering memberi kepada oranglain. Begitu kira-kira yang saya tangkap dari cara Qila bercerita dan mendongeng hari ini.

#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

#30DWC
#30DWC12
#Day29

#ODOPfor99days

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saksi Sebuah Pohon

Ingin Membuat Konten yang Menarik? Yuk, Jalan-Jalan ke Yogyakarta

Motivasi, Tujuan dan Mimpiku