Sempoa Matematika

"Bunda tau sempoa engga? Ga tau kan?" seperti itu Arkaan jika mulai kritis kepada saya. Dan memang saya ga tau soal sempoa kecuali nonton di youtube. Bagaimana caranya pun saya tidak tahu. Hingga akhirnya saya juga belajar, tidak hanya Arkaan. Bahkan Arkaan yang mengajari saya bagaimana menggunakan alat sempoa. Soal posisi jari aja salah. Hahaha

Menurut Wikipedia "Sempoa sistem 1-4 atau sempoa Jepang (soroban) merupakan sistem desimal murni yang hanya terdiri dari 2 baris manik-manik. Baris bagian atas terdiri dari 1 baris manik-manik dan baris bagian bawah terdiri dari 4 baris manik-manik. Ada juga soroban dengan 5 baris manik-manik pada setiap kolom." Itulah sempoa yang dipakai Arkaan di sekolah.

Ternyata Arkaan sudah paham menggunakan sempoa untuk metode belajar matematika. Bahkan jika serius, semua jawaban di buku, benar semua dijawab.

Belajar sempoa matematika itu menyenangkan. Dan kata Arkaan, pakai sempoa itu gampang. Tidak hanya Arkaan yang belajar, saya juga ingin bisa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saksi Sebuah Pohon

Ingin Membuat Konten yang Menarik? Yuk, Jalan-Jalan ke Yogyakarta

Motivasi, Tujuan dan Mimpiku