Andai Aku Menjadi Fasilitator Bunda sayang

Andai Aku Menjadi Fasilitator Bunda Sayang

Saya akan berusaha memaksimalkan potensi diri. Bersama teman-teman bunsay belajar, berbagi dan melayani teman-teman. Memudahkan teman-teman agar semangat dalam menjawab tantangan bunda sayang.

Selain ada badge standar bunsay. Saya pribadi akan memilih satu yang paling diantara outstanding Performance untuk diberikan sertifikat penghargaan kelas karena konsistensi dan tulisannya yang menginspirasi.

Tentunya banyak hal yang harus saya siapkan dan saya pelajari, dalam melakukan hal tersebut saya akan mengupgrade diri saya serta melihat potensi teman-teman bunsay. Apa yang nantinya bisa dibagi oleh teman-teman di dalam grup. Biasanya sebagai fasilitator, kita menjadi contoh para peserta bunsay. Maka saya pribadi akan berusaha sebaik mungkin menjadi contoh dengan cara sharing dan memberikan wawasan baru kepada para peserta bunsay.

Untuk mengikat makna dan persaudaraan dalam kelas. Saya akan membuat program perkelompok. Nantinya di dalam kelompok itu ada ketua kelas yang tugasnya menyemangati anggota kelompok dan tiap tantangan akan ada kelompok teraktif berdasarkan perolehan badge. Serta saya akan mengajak teman-teman membuat nama team dalam kelas bunsay tersebut. Dengan harapan para peserta bunsay semangat memiliki team yang solid dan mampu menjawab tantangan selama 12 bulan.

Biasanya yang terjadi dalam kelas bunsay adalah semangat diawal kemudian mulai menyusut di akhir. Maka sebagai falitator saya akan berusaha membuat kelas bunsay menjadi menarik untuk disimak. Sesuai tema tantangan perbulan. Maka tema grup akan merujuk kesitu. Dengan adanya kelompok-kelompok kecil, diharapkan masing-masing kelompok bisa sharing terkait materi dan tugas di bulan itu. Jadi grup bisa efektif.

Sering saya lihat di kelas bunsay yang saya ikuti. Ada teman yang saya amati selalu setor tepat waktu dan selalu OP namun ia jarang ikut diskusi bunsay. Mungkin terkait waktu ya. Nah, saya akan berusaha membuat teman-teman tidak sekedar aktif setoran tapi aktif diskusi juga. Meskipun jam online berbeda. Saat online boleh membahas bahasan yang baru dibaca.

Dan jika kelas yang saya pegang sesuai domisili, maka insya Allah 2 bulan sekali ketemu offline untuk sharing tantangan bunsay.

Apa saja yang harus saya persiapkan secara pribadi.
1.Niat
Segala sesuatu berawal dari niat. Niat saya adalah belajar naik kelas di kelas bunsay, oleh karena itu menjadi fasilitator bunsay adalah salah satu cara saya untuk naik kelas dan mengupgrade diri.
2.Referensi Ilmu
Dalam materi bunsay dan untuk menjawab tantangan diperlukan pula referensi dari ilmu lain, contoh buku, dengan banyak membaca buku maka kita akan banyak memperkaya wawasan kita. Setiap bulan kan beda tema, maka bisa diberikan satu hari untuk diskusi mengenai buku yang berhubungan dengan materi tantangan.
3. Melayani Dengan Hati
Segala sesuatu yang berasal dari hati tentunya akan sampai ke hati. Maka sepenuh hati melayani teman-teman semuanya.
4. Saling Tumbuh Bersama
Semua guru, semua murid maka siapapun yang memiliki ilmu boleh sharing. Pun bahkan boleh menambahkan dan mengkoreksi.
5. Menjadi Fasilitator Bahagia
Saya ini tipe orang yang sangat bahagia jika bertemu dengan banyak orang dan saling belajar bersama. Rasanya ada kebahagiaan tersendiri saat mampu belajar bersama-sama. Maka menjadi fasilitator bunsay dengan durasi setahun. Saya siap karena artinya saya sedang menikmati kebahagiaan itu.

Dan segala apa yang sudah saya tuliskan ini tentu adalah sebuah gagasan serta sharing mewakili diri saya pribadi. Terakhir memohon kemudahan kepada Allah karena dengan memanjatkan doa maka Allah akan memberikan kekuatan kepada kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saksi Sebuah Pohon

Ingin Membuat Konten yang Menarik? Yuk, Jalan-Jalan ke Yogyakarta

Motivasi, Tujuan dan Mimpiku