Berbayar dan Gratis

Hari ketiga Arkaan sakit. Akhirnya puskesmas menjadi pilihan untuk periksa. Selain bisa dikunjungi pagi dan murah dalam hal biaya. Meskipun sudah punya bpjs. Namun tidak berlaku dipakai di puskesmas yang saya dan Arkaan kunjungi karena di kartu bpjs saya memilih fasilitas kesehatannya adalah dokter langsung bukan klinik atau puskesmas.

Di puskesmas antrian sangat lama. Wajah Arkaan sudah merah, bahkan ia bosan menunggu. Disela sakit Arkaan bertanya, "nanti bayar ya bunda?", sayapun menjawab iya. Kemudian muncul pertanyaan lagi, "kenapa ga pake kartu? Kan ga bayar kalo kartu." masih ingat dengan kartu bpjs yang pernah saya jelaskan. Kemudian saya menerangkan kenapa hari ini harus bayar dan tidak bisa menggunakan kartu bpjs. Arkaan menanggapi lagi, "nanti uang bunda habis? Pakai uang Arkaan yang tabungan kalau habis ya bunda." Begitulah Arkaan menceritakan apa yang dia rasakan dan dia simpulkan dari apa yang dia tahu. Dan saya berharap suatu hari nanti Arkaan akan lebih mengerti apa dan bagaimana uang itu dikelola. Ada banyak hal yang harus dialokasikan segera.

Sementara adiknya Aqila masih dalam tahap bertanya terus. Membandingkan antara mahal dan tidak mahal, bayar dan tidak bayar. Kemudian kalimat terakhir yang keluar, "nanti uangnya habis donk."

#KuliahBunsayIIP #Tantangan10Hari #Level8 #RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari #CerdasFinansial

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saksi Sebuah Pohon

Ingin Membuat Konten yang Menarik? Yuk, Jalan-Jalan ke Yogyakarta

Motivasi, Tujuan dan Mimpiku