Peraturan

Hari ini kegiatan seperti biasa. Saat setelah mengantar sekolah Arkaan saya mendapat berita duka. Salah satu teman SMA meninggal. Teman yang sama-sama domisili Yogyakarta. Arkaan dan Aqila hari ini saya latih untuk berani dan mandiri saat saya tidak ada. Saya takziyah dan tidak mengajak mereka pergi. Untuk membuat mereka ikhlas,  saya harus cerita dahulu tentang banyak hal. Akhirnya mereka berdua mengikhlaskan.

Sebenarnya ini kali kesekian Arkaan dan Aqila menengek minta ikut. Tapi saya tetap tidak mau mengajaknya. Jadi biar arkaan merasa nyaman dan aman saat tidak ada saya,  mulailah saya menceritakan hal-hal yang membuat mereka berfikir,  merasa dan ikhlas jika bundanya pergi. Arkaan dan Qila adalah tipe anak yang apa-apa harus bunda,  pengen ikut bunda,  mau sama bunda. Dihari inilah anak-anak mulai mengerti keadaan. Mereka rela tidak diajak dan mereka tidak nagih oleh-oleh. Artinya mereka mampu untuk ikhlas dan mengerti.

Sepulang melayat, saya diserbu dengan pertanyaan Arkaan. "bunda itu temen bunda meninggal? Anaknya ga ketemu lagi bundanya." Duh,  andai bisa kesana.

Hikmah hari ini adalah kelanjutan untuk esok.

#Level2
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saksi Sebuah Pohon

Ingin Membuat Konten yang Menarik? Yuk, Jalan-Jalan ke Yogyakarta

Motivasi, Tujuan dan Mimpiku