Komunikasi Produktif di Waktu Istimewa

Berada di perkuliahan Institut Ibu Profesional, saya menemukan banyak hal, ilmu dan strategi baru dalam keluarga. Terutama komunikasi produktif. Sebuah keluarga harus sehat dalam hal berkomunikasi karena saat komunikasi tidak lancar bisa berakibat kesalah pahaman. Sebagai ibu saya harus mampu berkomunikasi dengan baik kepada suami dan anak.

1. Komunikasi Pada Pasangan
Menemukan waktu yang tepat untuk mencapai komunikasi yang efektif itu susah tadinya. Karena saya tidak tepat dalam menyampaikan sesuatu. Bahkan saat emosi melanda. Akhirnya suami bersikap acuh. Saya mulai melakukan strategi komunikasi. Di saat bounding time. Biasanya suami saya saat pikirannya tenang dan sedang bahagia, akan bermain piano. Kemudian dia memerintahkan saya untuk mencari lirik lagu dan menyanyikannya. Nah, setelah itu biasanya saya mengajaknya ngobrol santai. Banyak hal yang saya sampaikan. Ternyata sangat efektif dan suami saya merespon bahkan mendiskusikan banyak hal setelah. Itu. Ok, I got the poin, waktu yang istimewa pun ditemukan.

2. Komunikasi Pada Anak
Tantangan berkomunikasi pada anak itu saat mereka tantrum. Banyak sebab kenapa anak bisa tantrum. Disitulah saya butuh memahami apa kemauan mereka. Terkadang saya biarkan mereka dahulu. Saya harus mencari waktu efektif, dimana nasihat, nilai dan banyak hal bisa tersampaikan dengan baik. Saya akhirnya memiliki pola untuk bisa saling bercengkrama dengan anak-anak, yaitu waktu mendongeng sebelum tidur. Disana lah saya berkomunikasi dan menyampaikan pesan. Semacam review harian yang mereka lalui hari ini. Bahkan saya mengajak mereka untuk bertanya atau curhat. Akhirnya waktu istimewa itu terjadi saat mendongeng.

Poin penting dalam sebuah keluarga dalam berkomunikasi adalah menemukan waktu istimewa dan cara efektif untuk menyampaikan pesan dalam kebahagiaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saksi Sebuah Pohon

Ingin Membuat Konten yang Menarik? Yuk, Jalan-Jalan ke Yogyakarta

Motivasi, Tujuan dan Mimpiku