Buat Pemula, Inilah Cara Jadi Konten Kreator


Seorang pemula biasanya ragu jadi konten kreator dan merasa sulit untuk memulainya. Sebenarnya ada banyak jalan untuk bisa terjun ke dunia konten kreator. Kamu tinggal mempersiapkan diri dan memiliki niat kuat untuk memulainya.

Konten kreator itu merupakan seseorang yang memiliki keahlian untuk membuat konten sesuai minatnya dan dibagikan ke sosial media. Bahkan seorang konten kreator harus melihat target audience untuk menyajikan sebuah konten yang menarik. Dengan begitu konten yang dibuat akan semakin diminati saat ditayangkan di media sosial.

Buat kamu yang hobi jalan-jalan, suka berswafoto, suka bercerita artinya kamu bisa menuangkan semuanya ke media sosial bukan? Jadi sambil upload foto dan video coba diberi sedikit keterangan. Kamu juga bisa menuliskannya di blog dengan bercerita dan melengkapinya menggunakan gambar atau foto. 

Sebenarnya mudah bukan untuk jadi konten kreator? Cobalah beberapa cara ini nih, untuk kamu yang masih pemula dan ingin mulai berkonten ria. 

1. Cari Ide di Sekitar Kita

Kadang kala memulai menuliskan ide terasa buntu dan sulit. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak ide yang bisa digali dimulai dari sekitar kita. Misalnya saja saat jalan-jalan, kamu bisa menuliskan tempat yang dikunjungi.

Masukkan foto, video bahkan tulisan ke draft. Semakin banyak ide yang bisa kamu dapatkan maka semakin banyak hal yang bisa kamu berikan sebagai konten kreator. Apalagi buat kamu yang masih pemula, stok ide bisa menambah ragam konten yang nantinya akan dibuat.

2. Mulai Mengolah Ide yang Didapatkan

Banyak ide yang didapatkan setelah jalan-jalan, membaca dan lainnya. Jika sudah memiliki banyak ide maka tinggal masukkan ke draft dan mulai diolah. Untuk mengembangkan ide bisa disesuaikan dengan tema yang akan diambil.

Pekerjaan mengolah ide bagi konten kreator ini sangat penting dilakukan. Pasalnya harus bisa menarik dan bisa menjadikan sebuah konten tersebut memiliki nilai di mata penikmat konten. Dengan menyajikan video yang menarik, foto yang ciamik juga ditambah bumbu tulisan yang sarat makna.

3. Pelajari Target Audience

Saat ingin menjadi konten kreator, perlu juga untuk mempelajari target audience yang ada di media sosial. Buat kamu yang target audiencenya ibu rumah tangga, maka bisa menyajikan konten yang sesuai seperti parenting, tips memasak dan sebagainya. Jadi konten yang kamu buat lebih bisa menjaring audiencenya.

Dengan menentukan target audience kamu bisa lebih mudah untuk menentukan konten apa yang akan dibuat. Selain itu, kamu juga bisa fokus pada tema konten sesuai selera audience. Oleh karena itu, cobalah untuk mulai bagaimana menargetkan audience yang nantinya mendapatkan manfaat dari konten yang kita lakukan.

4. Bangun Jejaring Dengan Konten Kreator Lain

Perlunya membangun jejaring dengan konten kreator lainnya bisa membantu kamu semakin memahami konten yang bagus seperti apa. Kamu juga bisa menggali ide dan memulai diskusi dan mendapatkan banyak wawasan. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan konten yang semakin baik.

Kamu juga bisa belajar dari konten kreator lainnya tentang konten yang menarik. Selain itu, kamu bisa menambah follower akun media sosial dengan berjejaring bersama konten kreator lainnya. Akan banyak acara seru biasanya jika berkumpul bersama para konten kreator.

5. Pastikan Internet Lancar

Adanya internet saat ini sangat mendukung para konten kreator semakin aktif untuk sebarkan banyak informasi. Salah satu internet yang sering digunakan yaitu IndiHome produknya Telkom Indonesia. Menggunakan internet provider ini bisa upload konten makin lancar tanpa hambatan.

Bisa dengan menyajikan foto yang menarik, membuat video jalan-jalan. Bahkan mulai menuliskan informasi menarik dan penting tentang tempat yang sudah dikunjungi. Bagikan ke media sosial agar banyak orang yang bisa memperoleh informasi yang kamu berikan.

Jadi, mengolah konten itu seperti mengolah kerupuk, kok bisa?


Beberapa waktu lalu, saya pernah berkunjung ke pabrik kecil pengolahan kerupuk. Ada banyak proses yang dilakukan oleh pembuat kerupuk, mulai dari memilih bahan yang berkualitas,mencetaknya hingga mengukus, menjemur kemudian kerupuk digoreng. Proses yang dilewati tersebut seperti saat mengolah konten.

Ketika akan mengolah konten, kita juga akan memilih ide kemudian disajikan melalui tema yang pas. Ide ini dipilih berdasarkan yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan. Menyajikan konten mulai dari memilih foto, mengedit video hingga mengedit tulisan. 

Selanjutnya jika konten siap kemudian bisa langsung disebar ke banyak media sosial. Saat ingin upload konten harus menggunakan internet yang lancar. Agar nantinya konten bisa terpanjang di beberapa media sosial lebih cepat tanpa hambatan.

Kamu bisa memanfaatkan layanan internet provider dengan akses IndiHome tanpa batas. Produk Telkom Indonesia ini sangat direkomendasikan bagi konten kreator yang membutuhkan jaringan luas dan lancar. Jadi kamu tinggal siapkan konten dan segera upload ke semua sosial media yang kamu miliki.

Semangat jadi konten kreator ya!

#InternetnyaIndonesia

#AktivitasTanpaBatas

#BerkontenRiaBersamaIndiHome

#LombaBlogIndiHome


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saksi Sebuah Pohon

Ingin Membuat Konten yang Menarik? Yuk, Jalan-Jalan ke Yogyakarta

Motivasi, Tujuan dan Mimpiku